Entri Populer

Rabu, 01 Agustus 2012

Interpretasi Lagu Life is Wonderful

Berawal dari tugas kuliah untuk menganalisis lagu. Aku harus memilih beberapa lagu untuk dianalisis dengan menghubung-hubungkannya dengan filsafat. Jelas, ini bukan interpretasi yang dalam. Tujuanku sendiri menampilkan hasil analisisku ini hanya untuk berbagi ide/pendapat. Jika ada yang tidak sepakat, aku siap untuk menampung pendapat lain :)

Inilah dia satu dari beberapa lagu yang ku interpretasikan :D


Life is Wonderful
 Jason Mraz

It takes a crane to build a crane
It takes two floors to make a storie
It takes an egg to make a hen
It takes a hen to make an egg
There is no end to what I'm saying
It takes a thought to make a word
And it takes some words to make an action
And it takes some work to make it work
It takes some good to make it hurt
It takes some bad for satisfaction

Ah la la la la la la life is wonderful
Ah la la la la la la life goes full circle
Ah la la la la life is wonderful
Ah la la la la la

It takes a night to make it dawn
And it takes a day to make you yawn brother
And it takes some old to make you young
It takes some cold to know the sun
It takes the one to have the other
And it takes no time to fall in love
But it takes you years to know what love is
And it takes some fears to make you trust
It takes those tears to make it rust
It takes the dust to have it polished
Ah la la la la la la life is wonderful
Ah la la la la la la life goes full circle
Ah la la la la la la life is wonderful
Ah la la la la

It takes some silence to make sound
And it takes a lost before you found it
And it takes a road to go nowhere
It takes a toll to make you care
It takes a hole to make a mountain

Ah la la la la la life is wonderful
Ah la la la la la life goes full circle
Ah la la la la la la life is wonderful
Ah la la la la la life is meaningful
Ah la la la la la la life is wonderful
Ah la la la la la life is meaningful
Ah la la la la la la life is full of
Ah la la la la la life is so full of love
Ah la la la la la life is wonderful
Ah la la la la la la life is meaningful
Ah la la la la la life is full of
Ah la la la la la life is so full of love

Sumber lirik: http://www.sing365.com/music/lyric.nsf/life-is-wonderful-lyrics-jason-mraz/75b5e49931ba7f9c4825704b00140acf

 Lagu ini menyatakan bahwa hal-hal yang terjadi dalam kehidupan merupakan hasil dari proses. Salah satu proses yang harus dilalui adalah proses berpikir. Untuk membuat satu kata pun manusia sering kali juga memerlukan pemikiran apalagi bila dikaitkan dengan jati diri manusia sebagai mahkluk sosial yang perlu berinteraksi. Bisa dibayangkan kekacauan yang akan timbul jika manusia mengungkapkan kata apapun yang terlintas dalam pikirannya tanpa proses penyaringan dalam pikiran mengenai kata apa yang sesuai, tepat, dan sebisa mungkin tidak menyinggung perasaan orang yang berinteraksi dengannya. Lalu dengan kata-kata pula manusia bertindak. Tidak setiap manusia adalah makhluk yang berinisiatif. Tidak sedikit manusia yang harus mendengar kata-kata perintah atau permintaan bantuan dulu baru mau bertindak.

Dalam kehidupan manusia juga memiliki pengalaman. Pengalaman-pengalaman yang dilalui sering kali untuk mendapakan keberhasilan dan perasaan puas dalam hidup. Untuk mencapai keberhasilan dan kepuasan manusia perlu bertindak. Tindakan yang diambil tidak hanya satu atau dua tindakan saja. Manusia seringkali harus menentukan banyak tindakan yang perlu dilakukan untuk menuju suksesnya. Dalam proses bertindak itu adalah wajar jika manusia mengalami perasaan-perasaan terluka dan senang yang bisa saja muncul bergantian atau malah bersamaan.

Pada bait ke empat lagu ini menekankan bahwa dalam kehidupan ada proses dan pengalaman yang harus dilalui manusia. Bahwa butuh satu malam yang terlalui sebelum fajar menyinsing, butuh satu harian untuk akhirnya mendatangkan kantuk pada manusia. Pengalaman-pengalaman yang dilalui manusia lalu bisa menciptakan rasa. Seperti pengalaman-pengalaman yang menuntun manusia memasuki usia lanjut yang tetap bisa membuat manusia itu berjiwa muda. Kemudian ada juga pengalaman merasakan dingin yang akhirnya bisa membawa manusia untuk mengetahui bagaimana matahari dan kehangatannya.

Banyak manusia yang mudah jatuh cinta namun tidak sedikit pula yang butuh waktu bertahun-tahun lamanya sebelum akhirnya sadar apa sebenarnya cinta itu. Di sinilah konsep pengalaman ditekankan. Lewat pengalaman, manusia merasakan jenis perasaan yang berbeda-beda. Sebagai mahkluk yang memiliki rasa, tentu manusia tidak hanya mengenal rasa cinta saja. Manusia juga memiliki rasa takut, percaya, sedih, dan sebagainya. Namun rasa percaya bisa saja berasal dari pengalaman setelah mengalahkan rasa takut, dan air mata sering kali tidak terhindarkan untuk pada akhirnya bisa melupakan rasa sedih.

Lagu ini mengisahkan betapa pentingnya pengalaman dan rasa dalam hidup tanpa mengabaikan pentingnya rasio. Pemikiran positif yang bisa disimpulkan lewat lagu ini adalah bahwa indah dan berartinya hidup bergantung pada bagaimana rasio manusia memaknai rasa dan pengalaman yang ia lalui dalam hidupnya. Lagu ini bisa menginspirasi pendengarnya untuk menghargai serta memaknai hidup dan menganggap hidup itu indah disamping kesulitan-kesulitan dan perasaan-perasaan yang tidak selalu bahagia yang harus manusia hadapi.

Disamping pemikiran positif dalam lagu ini, para pendengar juga bisa menangkapa persepsi berbeda yang bisa menjadi negatif bagi dirinya sendiri. Konsep bahwa hidup itu indah dalam lagu ini bisa saja menciptakan sikap malas atau pasrah. Jika memang hidup itu indah, para pendengar yang menanggapi lagu ini dengan cara yang berbeda, di samping pemikiran positif yang disediakan oleh lagu ini, bisa saja menjadikan alasan hidup indah sebagaimana adanya membuat mereka menerima begitu saja atau cepat puas dengan hidup mereka, yang sebenarnya bisa lebih dari apa yang sudah mereka dapatkan.

bagaimana menurut mu? :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar