Entri Populer

Senin, 03 September 2012

Filsafat dalam Lagu


Man in the Mirror
Oleh: James Morrison



I'm gonna make a change,
for once in my life
It's gonna feel real good,
gonna make a difference
Gonna make it right...

As I, turn up the collar on
my favorite winter coat
This wind is blowing my mind
I see the kids in the streets,
with not enough to eat
Who am I to be blind?
Pretending not to see their needs

A summer disregard, a broken bottle top
And a one man soul
They follow each other on the wind ya' know
'Cause they got nowhere to go
That's why I want you to know

I'm starting with the man in the mirror
I'm asking him to change his ways
And no message could have been any clearer
If you wanna make the world a better place
Take a look at yourself, and then make a change

I've been a victim of a selfish kind of love
It's time that I realize
That there are some with no home, not a nickel to loan
Could it be really me, pretending that they're not alone

A willow deeply scarred, somebody's broken heart
And a washed-out dream
(Washed-out dream)
They follow the pattern of the wind ya' see
'Cause they got no where to be
That's why I'm starting with me

(You gotta get it right, while you got the time)
('Cause when you close your heart)
You can't close your... your mind!
(Then you close your... mind!)
That man, that man, that man, that man
With the man in the mirror
That man, that man, that man,
I'm asking him to change his ways
(Better change!)
You know... that man

I'm gonna make a change
It's gonna feel real good!
Come on! Just lift yourself
You know
You've got to stop it,Yourself!
I've got to make that change, today!
You got to
You got to not let yourself... brother
(Yeah! - Make that change!)
You know - I've got to get
that man, that man...
You've got to
You've got to move! Come on!
You got to...
Stand up! Stand up! Stand up!
Stand up and lift yourself, now!
Gonna make that change... come on!
You know it! Make that change.


Sumber lirik: http://www.lyricstime.com/james-morrison-man-in-the-mirror-lyrics.htm


Pada bait pertama lagu ini terdeskripsi mengenai seseorang yang bertekad untuk membuat suatu perubahan positif dalam hidupnya. Ia menyadari perubahan itu akan terasa nyata. Ia bertekad untuk membuat sesuatu yang berbeda dan tepat. Sebagai manusia yang memiliki hati dan pikiran, keinginan untuk membuat suatu perubahan pasti terjadi dalam setiap pribadi. Ide untuk membuat suatu perubahan itu sendiri bisa muncul dari peristiwa-peristiwa yang pernah dialami manusia. Dalam sekian banyak peristiwa yang bisa dialami manusia selama masa hidupnya, pasti ada setidaknya satu atau dua peristiwa yang memberikan kesan sendiri pada pribadinya. Dari kesan-kesan itulah suatu ide bisa muncul. Seperti pendapat David Hume yang menyatakan bahwa ide-ide adalah copyan dari kesan.

Dalam lagu ini, peristiwa yang memberi suatu kesan dideskripsikan pada bait kedua. Pada bait ini diceritakan bahwa orang tersebut menyaksikan anak-anak jalanan yang kekurangan makanan pada suatu malam di musim dingin. Pada saat itu ia sadar ia tidak bisa “buta” melihat keadaan tersebut, ia tidak bisa berpura-pura tidak melihat apa yang menjadi kebutuhan mereka. Dilanjutkan pada bait ketiga yaitu lanjutan peristiwa yang disaksikan orang tersebut. Dia sadar bahwa anak-anak itu tidak punya tempat berlindung dari dinginnya udara. Mereka masih anak-anak, namun harus merasakan kerasnya hidup, tidak hanya tidak punya cukup makanan, tapi juga harus menahan dinginnya udara di jalanan. Dari peristiwa inilah ide untuk membuat suatu perubahan muncul.

Tokoh dalam lagu ini sadar bahwa perubahan yang baik, untuk dirinya sendiri maupun orang lain, harus dimulai dari diri sendiri. Seperti terurai pada bait berikutnya, bahwa ia akan memulai merealisasikan ide perubahan itu dengan lelaki yang ada di cermin (dirinya sendiri). Ia bertekad untuk mengubah jalan hidupnya. Ia sadar bahwa tidak ada pesan yang lebih jelas dari peristiwa yang sudah ia lihat sendiri. Keputusan untuk mengambil tindakan perubahan dimulai dari diri sendiri merupakan salah satu aspek hidup manusia yang terpenting menurut Kierkegaard. Menurut tokoh eksistensialisme tersebut kegiatan terpenting manusia adalah mengambil keputusan kemudian melalui pilihan yang kita buat, menciptakan kehidupan kita dan menjadi diri sendiri. Pria tersebut menyadari eksistensinya, bahwa yang menentukan pilihan adalah diri sendiri, bukan orang lain. Itu sebabnya ia mengajak orang-orang yang ingin membuat dunia ini menjadi tempat yang lebih baik, mereka juga harus melihat diri mereka sendiri dan kemudian membuat suatu perubahan.

Sebagai manusia yang hidup di tengah-tengah budaya modern, banyak orang pasti sering menyaksikan atau bahkan menjadi pelaku invidualitas, yaitu mengutamakan kebutuhan sendiri dan cenderung tidak perduli dengan orang-orang di sekitar, apalagi yang tidak dikenal. Tuntutan kebutuhan dan kecekatan dalam beraktivitas sering menjadi pemicu banyak masyarakat modern menjadi “buta” atau pura-pura “buta” dengan kebutuhan orang lain.

Meski hidup di tengah-tengah budaya modern, pria dalam lagu ini bertekad untuk tidak menjadi individu yang egois. Ia bertekad dan mengajak orang-orang lainnya untuk melakukan perubahan sama seperti dirinya. Ia sadar bahwa pilihannya menentukan makna hidupnya. Ia akan membuat perubahan tersebut dengan baik selama ia masih punya waktu untuk melakukannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar